Skip to content

KRITERIA PENILAIAN LOMBA VOKAL

March 11, 2013

Kriteria Penilaian Lomba Vokal

Materi Suara:

  1. Materi suara
  2. Volume suara/sonoritas

Tehnik Vokal:

  1. Intonasi suara/pitch control
  2. Pernapasan
  3. Frasering/pemenggalan nafas
  4. Artikulasi/ diksi/ pengucapan
  5. Atact dan ending
  6. ketepatan tempo
  7. penggunaan  a, i, u, e, o
  8. ketepatan penggunaan resonansi
  9. keredaman suara

Interpretasi Lagu

  1. klimaks lagu/ dinamika lagu)
  2. Agigoge (legato, marcato dan staccato)
  3. improvisasi
  4. ketepatan interpretasi lagu
  5. pendalaman penghayatan
  6. musikalitas (keselarasan dengan musik pengiring, dll)

Penampilan:

  1. kedisiplinan dan ketertiban
  2. bloking panggung
  3. stage action
  4. kerapian
Advertisements
6 Comments
  1. Alfons witin permalink

    makasih telah membantu saya dalam membuat penilaian lomba paduan suara

  2. Adria Taraungan permalink

    Trima kasih, mantap…

  3. noweld permalink

    formasi di panggung, bentuk U apa diperbolehkan? beberapa juri yg saya kenal pernah menolak bentuk formasi itu karena tidak semua menghadap ke audiens dan erat kaitannya dgn ekspresi. tp beberapa kali lomba vocal group masih aja pemenangnya adalah grup yg formasinya dari awal lagu pertama sampai lagu kedua berakhir formasinya itu

    • Formasi sebenarnya bisa bermacam-macam. Istilah yang sering diberikan adalah Bloking. Juri juga bermacam-macam. Jika mengacu pada kreatifitas, maka kalau saya pribadi tidak anti U formasi. Yang penting, suara dapat balancing, dapat blanding, dapat jelas blokingnya antara S, A, T dan B, lalu secara koreografi juga dapat dilihat dengan enak. Namun pada saat lomba terkadang kita mau tidak mau harus ikuti SELERA juri, karena lomba seni itu biasanya sangat subyektiff terhadap SELERA JURI, jadi menurut saya, jika anda tidak sedang berlomba, kembangkan kreatifitas anda seluas mungkin, namun jika anda sedang berlomba dan mengejar yang namanya kemenangan, maka anda sebaiknya mempelajari selera juri pada saat TEKNIKAL MEETING. Untuk menghadap audience atau ekspresi menurut saya relative, toh penonton masih bisa menikmati dan ekspresi bisa dilihat dari berbagai arah. Selama penyanyi tidak 100 persen membelakangi penonton, bahkan menyanyi menghadap belakang pun, jika terkait koreo tidak masalah, toh juri tetap bisa melihat pada ekspresi lainnya saat penyanyi menghadap depan, bukankah lagu itu panjang bagiannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: