Skip to content

CARA MEMILIH TANGGA NADA LAGU AGAR TIDAK KERENDAHAN ATAU KETINGGIAN

January 7, 2014
Bagaimana cara memilih nada dasar lagu agar tidak terlalu rendah (mengorok) atau terlalu tinggi ( mencekik). Baik , kini saya sarankan anda berhadapan dengan bilah piano. C tengah ada di tengah keyboard, satu oktaf diatasnya kita sebut C oktaf ( agar memudahkan kita menyepakati bersama) Suara manusia baik itu Bass, Bariton, Tenor, Alto, Mezzo Sopran, dan Sopran dapat menyanyikan suara dari nada terendah G di bawah C tengah, sampai nada D tepat satu nada di atas C oktaf . Jadi range suara manusia adalah : G A B C(tengah) D E F G A B AC D . (mudah-mudahan sampai sini ngerti )

Lebih rendah dari G tadi, akan menyulitkan para pemilik suara Sopran dan Tenor, tetapi lebih tinggi dari D tadi akan menyulitkan para pemilik suara Bass dan Alto, jadi untuk memilih nada dasar, kita harus memastikan nada tertinggi dari nada itu tidak boleh lebih tinggi dari D dan nada terendah dari lagu tadi tidak boleh lebih rendah dari G tadi.
Sebenarnya agak sulit menjelaskan hal ini dalam bentuk bahasa tulis, dan saya sekarang sedang berusaha sejelas mungkin sementara saya meminta anda berusaha mengerti sekeras mungkin. Misalnya yang mudah saja, lagu God Is so Good, melody yang ada di lagu itu adalah sbb ( tanpa ketukan) 1 1 3 2 . . . 2 . 2 4 3 . . . 3 . 3 . 5 4 .. 2 4 . 3 . 2. 1 .. Nah sekarang periksa nada tertinggi dari lagu itu, adalah nada 5 ( sol), kini letakkan sol tersebut di nada tertinggi suara manusia yaitu D, jika sol -nya di D, pasti do- nya jatuh di G, untuk lagu itu berarti kita sah main di 1= G ( pilihan nada tertinggi), karna kalau anda main di 1= A, nada sol yang adalah nada tertinggi lagu itu akan jatuh di nada E, padahal nada E nantinya akan menyulitkan para Bass dan Alto, Nah sekarang perikas nada terendah dari lagu tadi, yaitu nada do. Letakkan nada do lagu itu di G, karna G adalah batas terendah suara manusia, kalau do-nya jatuh di G, itu artinya anda boleh main di 1= G, jika anda main di 1= F, tentunya nada do jatuh di F itu akan mnyulitkan para sopran dan tenor, kebetulan lagu ini batas terendahnya 1= G dan batas tertingginya 1= G juga, jadi anda boleh serendah-rendahnya main di 1= G, di 1= A, 1= B, 1= C, 1= D, 1=E, 1=F, 1= G ( itu batas tertinggi ), seandainya WL ingin naik-naik kunci terus, bisa ganti 8 kali tuh….dijamin para Soprano Alto Tenor dan Bass bisa nyanyi semua, tanpa takut ketinggian atau kerendahan, tetapi kalau nggak pakai modulasi/ pergantian tangga nada, maka ambil saja pertengahan antara 8 pilihan tersebut 1= C untuk WL perempuan, dan 1= D untuk WL laki-laki…Itu baru lagu mudah, coba rekan-rekan pelajari untuk lagu lebih sulit dan kalau ada pertanyaan comment di sini ya….

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: