Skip to content

NOTE WL HARI INI- SUDAH ADA 4 NOTE

August 8, 2016

Shalom para pembaca blog MUSISI GEREJAWI,

Begitu banyak note yang ingin saya catat dan sharingkan, dalam pelayanan saya sebagai WL, untuk itu, saya rindu catatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dalam melayani Raja.

Saya berusaha membuat note setiap selesai WL, sebulan sekali, agar dapat menjadi semacam koleksi bagi kita semua, dan semua akan dimuat di tulisan yang sama ini/ di posting ini. Untuk membedakan tiap tulisan akan saya beri tanggal WL saya saat itu tanggal berapa.

Baik, kita akan mulai pada note pertama ya….semoga bisa memberkati pelayanan anda ya..

Jika ada yang ingin share dengan saya , bisa e-mail ke gracesumilat@jeniuscaraalkitab.com

 

 

NOTE WL HARI INI Agustus 2016

Setelah mendapat inspirasi, saya berketetapan hati untuk membuat NOTE WL apabila saya pelayanan, untuk mensharingkan pengalaman-pengalaman berharga sejak persiapan maupun pelaksanaan.

Besar harapan saya, melalui setiap share ini, dapat dipastikan, semua yang pernah terjadi dapat memperkaya pelayanan kita semua.

Setelah saya menuangkan semua note tersebut di tulisan ini, maka saya akan pindahkan juga ke makalah WORKSHOP MUSISI GEREJAWI yang dapat anda klik di tulisan berikut ini:

……………

Minggu, 7 Agustus 2016.

Saya menjadi WL pada ibadah pagi dan sore di GMS Breakthrough Kendari.

Berhubung bulan Agustus ini, gereja kami secara sinode meluncurkan album baru Indonesia di Hatiku, maka bulan ini kami dapat lagu baru- yang WAJIB dinyanyikan di semua satelit secara serempak di seluruh Indonesia, yaitu lagu-lagu yang bertemakan Indonesia.

Berikut lagu yang diwajibkan:

Lagu dalam ibadah:

  1. Datang Kerajaan-Mu ( teks terlampir di bawah) ; adalah lagu slow beat ( bertempo lambat)

 

Lagu yang dinyanyikan setelah ibadah berakhir

  1. Merah Putih ( teks terlampir di bawah) ; adalah lagu fast beat ( bertempo cepat)

 

Namun yang unik adalah, pada hari H , thema yang diberikan adalah PARENTING SERIES/ belajar bagaimana menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak.

 

Maka dalam hal ini saya harus bagaimana caranya memadukan thema AGUSTUS/INDONESIA dengan thema keluarga/ parenting.

Akhirnya saya memilih lagu-lagu sbb:

  1. DATANG KERAJAAN-MU- ( Album ; Indonesia di Hatiku GMS)- syair terlampir di bawah. Slow Beat
  2. SERUPA DENGAN-MU – (Album More Like You- GMS) -syair terlampir di bawah. Fast Beat
  3. BAGAI ANAK PANAH- ( dipopulerkan oleh Bobby One Way)- syair terlampir di bawah. Fast Beat
  4. UBAHKAN DUNIA-( Album Revival Story- GMS)- syair terlampir di bawah. Fast Beat
  5. BAGI GENERASI- ( Album Revival Story- GMS) -syair terlampir di bawah. Slow Beat

ULASAN PEMILIHAN LAGU

Lagu yang diwajibkan gereja, DATANG KERAJAAN-MU,  saya taruh di awal, karena ini slow beat- yang mana syairnya kurang cocok bila diletakkan di menjelang Firman Tuhan.

Bagaimana pun juga walaupun tidak merupakan suatu pola baku Harus satu lagu lambat, tiga lagu cepat, satu lagu lambat lagi, dst, namun pada saat ini, saya memilih pola umum ini. ( Namun tidak menutup kemungkinan kita bisa saja memulai dengan lagu cepat di awal sekali, asalkan tetap bertemakan undangan berbakti, ucapan syukur, kerinduan datang pada Tuhan, pujian pengagungan, pujian penyembahan)

Memang ada kata Indonesia-nya, tetapi ada undangan untuk mengundang kerajaan Tuhan turun, jadi saya putuskan untuk diletakkan di AWAL SEKALI.

Lagu berikutnya saya pilih lagu : SERUPA DENGAN-MU dengan harapan, dan doa, agar tiap –tiap keluarga yang hadir, kita giring untuk mau serupa dengan Kristus, menjadi pribadi yang rela dibentuk oleh Kristus

Lagu berikutnya yang saya pilih adalah; BAGAI ANAK PANAH, dengan harapan, setiap jemaat Tuhan, menyadari bahwa dirinya adalah generasi anak panah di tangan Tuhan, dan juga dipakai oleh Tuhan sebagai pahlawan yang mempersiapkan generasi anak panah-Nya Tuhan.

Lagu berikutnya yang saya pilih adalah: UBAHKAN DUNIA, dengan harapan, setiap umat Tuhan akan menjadi para pengubah dunia, yang memulainya dari pribadi masing-masing, dan kemudian beranjak kepada keluarga- demi keluarga.

Lagu menjelang Firman Tuhan, saya pilih lagu berjudul BAGI GENERASI, karena lagu ini selain mengandung unsur yang kuat kepada thema KELUARGA/ FAMILY/ PARENTING SERIES pada bagian CHORUS/REFF-nya, yang istimewa di lagu ini karena pada bagian Verse/bait-nya ada kata-kata Rendahkan diri tuk dengar firman-MU…

Jadi pas sekali kalau ditaruh pada lagu menjelang Firman.

Jadi kesimpulan; dalam pemilihan lagu saya menggunakan metode THEMATIK ; AGUSTUSAN/ INDONESIA- DIGABUNGKAN DENGAN THEMATIK; PARENTING/ KELUARGA. – dalam hal ini saya memilih lagu yang bertemakan GENERASI- karena keluarga yang dibahas di sini bukanlah SUAMI DAN ISTERI, tetapi PARENTING- atau orang tua dan anak.

 

ULASAN PENYUSUNAN URUTAN LAGU

Nah saya akan berikan ulasan cara menyusun lagu:

Semua lagu yang saya susun ini; tidak berdasarkan tangga nada dasar lagu, karena kalau kita perhatikan , tangga nada lagu- lagu ini amburadul…tidak urut dari ketinggian nada yang rendah sampai kepada nada yang tinggi…

Melainkan saya menyusun berdasarkan metode story dan dipadukan dengan metode DEDUKTIF/ INDUKTIF

Deduktif- adalah bergerak dari yang paling umum menuju ke yang paling khusus

Induktif- adalah sebaliknya daripada Deduktif- yaitu bergerak dari yang paling khusus menuju kepada yang paling umum.

Maksudnya?

Lagu pertama ; DATANG KERAJAAN-MU tidak kita masukkan dalam bagaimana menyusun urutan lagu, karena ini adalah lagu pembuka, sudah tidak bisa dikotak-katik lagi penempatannya harus memang sebagai lagu megah pembukaan.

Lagu ke lima: BAGI GENERASI juga tidak kita masukkan dalam bagaimana menyusun urutan lagu, karena ini adalah lagu penutup menjelang firman Tuhan, jadi sudah tidak bisa dikotak-katik lagi penempatannya harus memang sebelum firman Tuhan disampaikan.

Jadi, bagaimana menyusun 3 lagu sisanya,

  • SERUPA DENGAN-MU – (Album More Like You- GMS) -syair terlampir di bawah. Fast Beat
  • BAGAI ANAK PANAH- ( dipopulerkan oleh Bobby One Way)- syair terlampir di bawah. Fast Beat
  • UBAHKAN DUNIA-( Album Revival Story- GMS)- syair terlampir di bawah. Fast Beat

Maka saya memilih menyusun secara INDUKTIF, dari yang paling khusus kepada yang paling umum, maksudnya begini;

SIAPA YANG SERUPA DENGAN KRISTUS-jawabannya adalah SAYA/ TIAP INDIVIDU

SIAPA YANG BAGAI ANAK PANAH – jawabannya adalah KITA SEMUA/ TIAP GENERASI

DUNIA ITU MENCAKUP MANA – seluruh dunia yang luas ini/ SEANTERO DUNIA

Saya abaikan pengurutan lagu berdasarkan nada dasar lagu- saya abaikan pengurutan lagu berdasarkan jenis irama lagu- saya juga abaikan pengurutan lagu berdasarkan tempo lagu ( karena kebetulan tiga lagu ini memiliki tempo yang kurang lebih sama tingkat kecepatannya)

Maka jika dipadukan antara metode INDUKTIF dengan metode story, dapat dirangkai dengan satu kalimat seperti ini:

KERAJAAN TUHAN TURUN ATAS INDONESIA, ATAS KOTA KENDARI ( lagu 1) , OLEH KARENA ITU KITA HARUS SERUPA DENGAN KRISTUS ( lagu 2) , UNTUK DAPAT MENJADI ANAK PANAH DI TANGAN TUHAN, KITALAH PAHLAWAN UNTUK MENCETAK ANAK-ANAK PANAH, YAITU ANAK-ANAK DALAM TIAP KELUARGA KITA ( lagu 3) , AGAR KITA , MELALUI KELUARGA KITA DAPAT MENJANGKAU TRANSFORMASI DUNIA ( lagu 4) , SEMUANYA DIMULAI DARI SAYA, KITA DAN SAMPAI KE SELURUH DUNIA( lagu 1-2-3-4) . PAKAILAH HIDUP KAMI MEMBAWA PEMULIHAN BAGI GENERASI INI. ( lagu 5)

Jika anda balik , menjadi penyusunan DEDUKTIF juga bisa, menjadi pengurutan sebagai berikut:

  • UBAHKAN DUNIA-( Album Revival Story- GMS)- syair terlampir di bawah. Fast Beat
  • BAGAI ANAK PANAH- ( dipopulerkan oleh Bobby One Way)- syair terlampir di bawah. Fast Beat
  • SERUPA DENGAN-MU – (Album More Like You- GMS) -syair terlampir di bawah. Fast Beat

Maka jika dipadukan antara metode DEDUKTIF dengan metode story, dapat dirangkai dengan satu kalimat seperti ini:

KERAJAAN TUHAN TURUN ATAS INDONESIA, ATAS KOTA KENDARI ( lagu 1) , JIKA KITA INGIN DIPAKAI OLEH TUHAN MENGUBAHKAN DUNIA ( lagu 2) , MAKA KITA HARUS MENCETAK GENERASI ANAK PANAH DI TANGAN TUHAN ( lagu 3), DENGAN CARA MEMBERI DIRI DIBENTUK SAMPAI SERUPA DENGAN KRISTUS ( lagu 4), SEHINGGA MELALUI HIDUP KITA / KELUARGA KITA , KITA DAPAT MENJANGKAU GENERASI INI BAGI KRISTUS ( lagu 5)

 

Beda lagi kalau kita menyusun lagu-lagu ini dengan urutan yang asal/ acak, maka metode induktif/ deduktifnya tidak bisa dicapai, sehingga akan mengacaukan bagaimana kita menyusun story dari lagu yang satu ke lagu berikutnya.

Apakah kalimat-kalimat itu kita ucapankan sebagai WL saat kita melayani ? Sama sekali TIDAK, namun konsep ALUR LAGU dari satu lagu ke lagu berikutnya akan mempengaruhi bagaimana kita menggiring jemaat kepada pemikiran story kita, nah itu semua nanti akan mempengaruhi yang namanya: KOMENTAR, ISI DOA KITA, VARIASI yang nanti akan kita pakai, dll. Jadi ini perlu kita susun dalam pemikiran konsep kita, sebagai seperti kita akan tahu ALUR SECARA THEMATIK , semua lagu akan dibawa ke mana.

Nah, berikut ini di bawah setiap syair lagu akan saya muat VARIASI yang telah saya praktekkan baik secara TERENCANA maupun secara SPONTAN.

 

DATANG KERAJAAN-MU

 

Kami datang ke hadirat-Mu membawa kerinduan

Untuk melihat kemuliaan-mu dinyatakan atas Indonesia

 

Satu hati menyembah-Mu

Pribadi yang teguh

Satu hati meninggikanMu

Kau Allah yang hidup

 

Datang k’rajaan-Mu

Jadilah kehendak-Mu

Nyatakan kemuliaan-Mu

 

( Variasi; saya akan tekankan lagu ini hanya pada Chorus/ Reff-nya saja pada saat lagu ini dinyanyikan berulang-ulang  dengan alasan; bagian Verse ini menyebut kata Indonesia, sehingga cukup beberapa kali saja dinyanyikan pada bagian awal, selebihnya bagian chorus diulang-ulang karena syairnya bisa mengarah pada mengundang kehadiran Tuhan/ kerajaan Tuhan, sebagai Tuhan yang memerintah atas ibadah ini, dan Tuhan yang memerintah atas setiap keluarga. Dengan demikian dua thema ini terakomodasi, namun demikian titik berat thema tetap pada PARENTING SERIES.)

 

SERUPA DENGAN-MU

 

Verse:

HANYA KAU PENJUNANKU

HIDUPKU DI TANGAN-MU

KAU TUHAN SANGGUP PULIHKAN

UBAHKAN HATI YANG HANCUR

 

Pre Chorus:

OOOOO OOOO  AKU MILIK-MU SELAMANYA

 

Chorus:

BENTUK HIDUPKU

JADIKAN SEPERTI-MU

SERUPA DENGAN-MU

SAMPAI S’LAMANYA

KU MAU BERSINAR S’LALU

B’RITAKAN KARYA-MU

 

Bridge:

S’BAB KAU TUHAN JALAN KEHIDUPAN

MASA DEPAN CERAH MEMBENTANG

 

( Variasi Musik pada lagu ini adlah; pada bagian PRE CHORUS, tidak harus sekali, melainkan bisa berulang kali- sepakati di awal kode apa yang akan kita pakaikan kepada pemusik maupun kepada LCD Operator, pastikan mereka tahu bahwa lagu tidak akan segera beranjak ke Chorus, melainkan Pre Chorus akan diulang beberapa kali, SAYA beritahukan bahwa ini akan terjadi pada PUTARAN KE DUA LAGU, jadi bukan pada PUTARAN PERTAMA LAGU)

( Variasi Syair pada lagu ini adalah; pada bagian PRE CHORUS, saya mengubah-ubah syair lagu; dari Aku milik-Mu, menjadi Kamu milik-Nya ( sambil tunjuk teman), menjadi Kita milik-Nya ( sambil tepuk dada) , dan kembali ke Aku milik-Mu ( agar pengulangan tetap pada jumlah genap 4 X)

( Tehnik Vokal: ending dari lagu ini tidak menggunakan CODA, melainkan hanya mengulang-ulang Chorus, terus berhenti langsung pada kata BRITAKAN KARYAMU selama satu kali saja. Oleh karena itu, maka saya meminta para singer untuk seragam dengan saya, mengakhiri lagu ini dengan fff ( fortississimo/ sangat keras sekali) dan tidak memberlakukan decrescendo/ suara berangsur-angsur mengecil- sama sekali ! Dalam kondisi FERMATA ( nada panjang) , dengan demikian ending dari lagu ini bukan berklimaks  pada pengulangan coda yang memang tidak ada, melainkan berklimaks pada volume suara yang keras sekali. )

 

 

BAGAI ANAK PANAH

Dipopulerkan oleh Bobby One Way

 

Hidupku ditangan MU, Anugerah bagiku
Sungguh itu tak pernah terbayangkan
Kau memakai hidupku

Dengan kekuatan MU, Kau lengkapi hidupku
Sungguh itu tak pernah terpikirkan
Kau memakai hidupku, Yesus ku

Bagai Anak Panah di tangan pahlawan,

demikian hidupku di tangan-MU.

Aku kan melesat di garis terdepan,

dengan kuasa MU, hancurkan musuhku. Hoooowwww

(Variasi untuk lagu ini adalah, pada bagian akhir lagu ini, ada coda yang diulang 3 kali, Dengan kuasa-Mu hancurkan musuh-Mu ( 3 X) Hoowwwwww. Nah pada saat Howwwwww-nya, saya minta nada panjang tersebut dinyanyikan Singer dalam pembagian 4 suara. Dalam performancenya- kami harus saling pandang satu dengan yang lain untuk memadukan suara)

 

UBAHKAN DUNIA

1= D

 

Sungguh tak sabar kami berdiri bagi-Mu Tuhan

Tak mau lagi dalam keg’lapan dunia

 

Menerjang maju ke titik terang di depan itu

Bersama Tuhan kami lakukan sesuatu

 

Tak memilih tuk menyerah

Hingga ubahkan dunia dengan kuasa surga

 

Bersama-Mu kami ubahkan dunia

Penuhi bumi dengan kasih-Mu Tuhan

 

Bersama-Mu kami ubahkan dunia

Melalui kami, dunia lihat bahwa kuasa-Mu nyata

 

( Variasi spontan pada lagu ini adalah; mengajak jemaat geleng-gelengkan kepala saat menyanyi, bila menjumpai kata TAK atau TIDAK)

 

BAGI GENERASI

 

Memberi diri  Tuk cari wajahMu

Rendahkan hati tuk dengar firmanMu

Bukan kehendak kami, namun  kehendak Tuhan terjadilah

 

Melayani sperti Kau melayani

Mengasihi sperti Kau mengasihi

Bukan kehendak kami namun  kehendak Tuhan terjadilah

 

Ohhh

 

Seluruh hidup ini kami percayakan dalam rancangan-Mu

Pakailah ‘tuk bawa pemulihan bagi generasi ini.

 

Bridge:

Meninggikan nama Yesus

Pakailah hidup kami Tuhan jadikan semua bangsa murid-Mu

 

(Variasi Thematik pada lagu ini adalah; saya akan pakai Chorus pada lagu ini: sebagai pengulangan yang lebih sering , jadi bagian Verse cukup sekali putaran saja, selebihnya akan lebih banyak giring jemaat menyanyikan lagu pada bagian Chorus, karena bagian inilah yang saya bidik untuk menjadi penggaris bawah thema; serial parenting, yaitu pakailah kami untuk membawa pemulihan bagi generasi ini.)

(Variasi Musik pada lagu ini adalah; saya tidak menggunakan bagian Bridge yang lumayan sulit untuk dinyanyikan oleh jemaat, mengingat bagian ini memang hanya cocok untuk dikonserkan pada album tersebut, namun belum tentu cocok untuk dinyanyikan oleh jemaat)

 

BERSAMA KELUARGAKU
Robert & Lea Sutanto

G                     C                Bm   Em
KAMI DATANG DI HADIRAT-MU
Am     D                      G        D
DALAM SATU KASIH, DENGAN BERSEHATI
G                    C                    Bm   Em
BERJANJI SETIA SAMPAI AKHIR
A              D    D7
MENGASIHI-MU, YESUS

REFF:
G             Em               Am              E
BERSAMA K’LUARGAKU MELAYANI TUHAN
Am             C                 D                  D7
BERSATU S’LAMANYA MENGASIHI ENGKAU
Bm                   Em     C                   Cm
TIADA YANG DAPAT MELEBIHI KASIH-MU YA TUHAN
G                   D                   G
BAGI KAMI ENGKAU SEGALANYA

BRIDGE:
F                        C
GELOMBANG BADAI HIDUP
Am                      G
COBA MENGHALANGI
F                      C
NAMUN KUASA TUHAN
Am                 D
BUKA JALAN KAMI

(Lagu ini saya pilih sebagai LAGU CADANGAN, yang telah saya komunikasikan pada pimpinan musik untuk dipersiapkan apabila nanti diperlukan setelah Firman Tuhan. Mengapa lagu ini saya pilih sebagai cadangan: karena lagu ini sangat umum dikenal jemaat Tuhan, dan bisa menjadi lagu perenungan yang membawa kepada klimaks atmosfir setelah firman Tuhan/ atau sebagai respon jemaat terhadap Firman Tuhan)

(Pada saat pelaksanaan, hari H, ternyata pembicara meminta lagu BAGI GENERASI sebagai lagu firman Tuhan, dan dengan inisiatif saya sendiri, saya meadleykan dengan lagu Bersama Keluargaku ini, hanya bagian Chorus/ Reff-nya saja ditambah bagian Bridge-nya saja/ tanpa bagian Verse)

 

TIPS KALI  INI;

  1. Jangan selalu memberi kata SHALOM sebagai pendahuluan salam kepada jemaat Tuhan, bisa bergantian dengan kata SELAMAT PAGI, SORE, MALAM, dll
  2. Sampaikan seluruh STORY ALUR THEMATIK dari satu lagu ke lagu berikutnya pada INTISARI DOA PEMBUKAAN anda, contoh:
    • Tuhan, kami bersyukur, biar kerajaan-Mu datang, kami siap Engkau bentuk Tuhan, dan kami rindu kami menjadi orang tua-orang tua yang Engkau pakai untuk mempersiapkan generasi anak panah ini, anak-anak kami, sehingga kami semua, setiap keluarga dapat menjadi orang-orang yang mengubahkan dunia, dimulai dari hidup kami, keluarga kami, dalam nama Yesus, kami siap menyembah Engkau, amin.
  3. Mempersiapkan peluncuran album baru; adalah dengan bagaimana memunculkan lagu-lagu satu demi satu di ibadah raya jemaat jauh-jauh hari sebelumnya, sehingga pada ibadah special peluncuran album, jemaat sudah sangat akrab dengan tiap lagu yang dipakai dalam ibadah special tersebut. Metode ini dapat anda praktekkan bila ingin mengajarkan lagu baru pada jemaat; adalah dengan memperkenalkan dan mengulang-ulang sampai jemaat bisa/ kuasai/taklukkan lagu tersebut.
  4. Kita membutuhkan kode yang kita sepakati bersama untuk menentukan lagu persembahan . Terkadang ada gereja yang persembahannya setelah khotbah, dan terkadang ada WL yang mempersiapkan lagu ke 6 untuk persembahan, tetapi ada WL yang mengulangi salah satu lagu cepat dari lagu yang telah dinyanyikan di awal sebelum khotbah. Untuk kasus seperti yang terakhir, kita perlu kode LAGU KE BERAPA dari daftar lagu yang ada yang akan kita ulang sebagai lagu persembahan. Mengingat kita tidak mungkin bisa jelas menyebutkan judul lagu, jadi kita memakai jari untuk memberi tahu KITA ULANG UNTUK PERSEMBAHAN INI LAGU YANG TADI YAITU LAGU KE 2, atau LAGU ke 3, dst. Sehingga tidak perlu lipsing dari jauh untuk menyebut judul lagu.

 

MERAH PUTIH

 

Marilah semua singsingkan lengan

Bergerak maju bukan hanya berangan

Kobarkan semangat jangan berlelah

Ikuti detak-Nya bagi jiwa jiwa

 

Merah penebusan-Mu tlah di nubuatkan

Putih suci bangsaku bagi Merah Putih

Kami berdiri teguh

 

Kami kan berjuang dan takkan menyerah

Kibarkan panji keselamatanMu

Hingga stiap lutut bertelut

Smua lidah kan mengaku

Yesus Tuhan atas Merah Putih

( ini adalah lagu setelah ibadah selesai, walaupun demikian tetap dipersiapkan dengan matang)


 

 

NOTE WL PADA TANGGAL 4 SEPTEMBER 2016

Thema bulanan yang diberikan : KOMUNITAS ( bagaimana menjadi keluarga Allah/ keluarga rohani yang kuat dan menjangkau jiwa-jiwa bagi Kristus)- dengan sub Thema : Pembapakan rohani/ Anak rohani, menempatkan diri sebagai bapak rohani dan juga menempatkan diri sebagai anak rohani, dalam komunitas di gereja Tuhan.

Lagu yang wajib diperkenalkan untuk persiapan event CG Conference 2016 adalah lagu INILAH AKU. ( slow beat)

 

INILAH AKU

Do= F

 

Oleh segenap kasih, oleh karna anugrah

Kau memilihku

Dengar detak hatiMu, banyak jiwa berseru

Menantikan-Mu Tuhan

 

Inilah aku, utuslah aku

Agar s’mua orang mengenal nama-Mu

Segenap doa, segala karya

Kupersembahkan tuk keharuman nama-Mu

 

Keunikan persiapan pemilihan lagu adalah:

  1. Untuk lagu UTUSLAH AKU ( yang diwajibkan) seperti ini jelas tidak dapat kita pasang di awal ibadah, karena bukan lagu penyembahan, pemujaan, pengagungan, undangan berbakti, atau kerinduan datang pada Tuhan.

Dan lagu UTUSLAH AKU ( yang diwajibkan) ini juga tidak dapat kita pasang di menjelang Firman Tuhan, karena walaupun pas untuk Thema besar bulanan KOMUNITAS- dan menjangkau jiwa lewat komunitas, namun lagu ini tidak mengacu pada thema khusus tentang pembapakan rohani dan jadi anak rohani.

2. Mencari lagu dengan thema Pembapakan dan Anak rohani, nyaris tidak ditemukan. Karena lagu-lagu yang ada kebanyakan berbicara tentang Bapa Surgawi, atau tentang kesatuan tubuh Kristus. 

Akhirnya lagu yang saya pilih setelah bergumul adalah sbb:

This I Beleive, dari album Hillsong ( Versi bahasa Indonesia), 1= F ( middle beat)

Kami terima KuasaMu Tuhan,dari album TW 1= C (fast beat)

Terangi Dunia, dari album GMS Higher,  1= G ( fast beat)

Mawar Sharon, by Iwan GMS 1= F ( fast beat)

Inilah Aku, (Theme Song CG Conference GMS) 1= F ( slow beat)

Seperti Hati-Mu , dari UX Band ( pagi ) 1= F- G, (sore) 1= F-G-A( slow beat)

 

This I  Beleive

 

1= F

Bapaku yang kekal

Pencipta yang Esa

Maha Kuasa

Dikandung Roh Kudus

Yesus Kristus datang Juruslamatku

 

Kupercaya  Allah Bapa

Kupercaya Sang Putra

Kupercaya Roh KudusMu

Kau Allah Tri Tunggal

Kupercaya kebangkitan ada dalam kita

Kupercaya dalam nama Yesus

 

Hakim dan Pembela

Disalib Sengsara

Kaulah rahmatku

Turun ke dalam g’lap

Yang Mulia bangkit

Bertahta s’lamanya

 

Bridge:
I believe… in You!
I believe You rose… again!
I believe… that Jesus Christ is Lord!

 

 

 

KAMI TRIMA KUASAMU TUHAN

True Worshippers

1= C
KAMI YANG T’LAH DITEBUS
DENGAN DARAH YANG KUDUS
MENGANGKAT PUJIAN BAGI-MU

KAMI BAIT KUDUS-MU
S’BAGAI BUKTI KARYA-MU
NYATAKAN KAU BESAR DAN HIDUP

BERLARI SAMPAI TUJUAN
MENDAPATKAN MAHKOTA KEKAL

REFF:
KAMI T’RIMA KUASA-MU TUHAN
KAMI T’RIMA KEMENANGAN YANG
ENGKAU SEDIAKAN ‘TUK KAMI BAWA
DI SETIAP LANGKAH

DI MANA PUN KAMI BERDIRI
KE MANA PUN KAMI ‘KAN PERGI
DI SITU PASTI MUJIZAT-MU TERJADI

KAMI T’RIMA KUASA-MU TUHAN
KAMI T’RIMA KUASA-MU

 

 

TERANGI DUNIA

1= G

 

Woo, o, o, wo, o, ow  x3

 

Woo, o, o, wo, o, ow  x3

 

Verse

 

Bangkit ku mau bangkit bagiMu

 

Bersinar dan memuliakanMu

 

Maju ku mau maju bagiMu

 

Berjalan dengan kuat imanku

 

Pre Chorus

 

Ku mau hidup jadi terangMu

 

Terangi dunia di seklilingku

 

 

Chorus

 

Bangkit dan bersinar bagiMu

 

Serukan namaMu atas kemenanganku

 

Maju dan tinggikan NamaMu

 

Saksikan kemenangan

 

Nyatakan Kaulah Tuhan di hidupku

 

Woo, o, o, wo, o, ow  x3 –

 

See more at: http://www.penyembah.com/lagu/view/terangi-dunia#sthash.Iu1oa1CR.dpuf

 

Mawar Sharon

By Iwan

1=F

 

Bangkitlah gereja Tuhan di Indonesia

Menuai jiwa bagi kerajaan Tuhan

Siapkanlah dirimu jadilah pemenang jiwa

Kalahkan dunia bagi kemuliaan-Nya

 

Mari kita yang percaya umat pilihan Allah

Emban tugas yang mulia menjangkau jiwa-jiwa

Bangkitlah tentara Allah s’lamatkan Indonesia

Mawar Sharon We Are on the Move

 

INILAH AKU

Do= F

 

Oleh segenap kasih, oleh karna anugrah

Kau memilihku

Dengar detak hatiMu, banyak jiwa berseru

Menantikan-Mu Tuhan

 

Inilah aku, utuslah aku

Agar s’mua orang mengenal nama-Mu

Segenap doa, segala karya

Kupersembahkan tuk keharuman nama-Mu

 

 Seperti HatiMu – UX Band

 1= F-G ( pagi ) , 1= F-G-A ( sore)

Dec.06, 2009 in Indonesian SongsS – Indonesian

 

BERIKANKU HATI S’PERTI HATI-MU
HATI YANG MENGASIHI JIWA YANG TERHILANG
BERIKANKU MATA S’PERTI MATA-MU
MEMANDANG JIWA YANG DALAM G’LAP

 

KU MAU BERADA DALAM RENCANA-NYA
DAN MELAKUKAN PERBUATAN-NYA YANG BESAR

 

MEMULIHKAN HATI YANG TERLUKA
MENJADI RUMAH BAGI MEREKA YANG LELAH
MEMBAGI HIDUP DAN MILIK KITA BERSAMA
JADIKAN HATIKU SEPERTI HATI-MU, BAPA

 

Songwriter : Yordan Kurniawan

 

Alasan pemilihan lagu:

This I Beleive= lagu awal adalah lagu yang langsung berupa pengakuan iman pada Allah Tri Tunggal, dan menyatakan percaya pada kuasa kebangkitan-Nya.

Kami Trima Kuasa-Mu Tuhan = Karena Yesus Bangkit, Dia telah menebus kita , KAMI MENGANGKAT PUJIAN BAGI-MU , maka kita pun diberiNya kuasa untuk menyatakan kuasa Tuhan di mana pun kita berada. ( di komunitas kita, dan di mana saja)

Terangi Dunia = Masih dalam kata yang sama BANGKIT, maka kami bangkit untuk menerangi dunia. Aku mau menerangi dunia , bangkit bersinar bagi Tuhan. ( ketika komunitas kita bangkit, maka kita bisa menjadi pemenang jiwa-jiwa, salah satu cara menjangkau jiwa lewat komunitas yang ada)

Mawar Sharon = Masih dalam kata BANGKIT, maka ayo Mawar Sharon…we are on the move…bangkit, menuai jiwa-jiwa jadilah pemenang jiwa !

Inilah Aku= Kini aku siap diutus, utuslah aku, agar semua orang mengenal nama-Mu

Sperti Hati-Mu = Untuk menjalankan misi ini, beri aku hati seperti hati-Mu, DAN UNTUK MENCAPAI THEMA HARI INI – PEMBAPAKAN ROHANI- ANAK ROHANI- akan ditekankan pada kata-kata ini yang ada pada lagu tersebut :

MENJADI RUMAH BAGI MEREKA YANG LELAH

MEMBAGI HIDUP DAN MILIK KITA BERSAMA

 

Mungkin anda berpikir, mengapa pemilihan lagu lebih ke arah penuaian jiwa-jiwa, karena saya menitik beratkan pada TUJUAN HIDUP BERKOMUNITAS adalah bagaimana memenangkan jiwa ( Kisah Para Rasul pasal 2),

Ketika lagu sudah dipilih semua, muncul kata BANGKIT yang ada pada hampir semua lagu.( lagu ke 1, 3 dan ke 4) Ini memang kebetulan saja. Bila ini terjadi , maka kita bisa memakai kata yang sering berulang ini sebagai BENANG MERAH untuk MERANGKAI SEMUA LAGU.

Jadi metode yang saya pakai dalam memilih lagu ini adalah: MENDALAMI THEMA DARI APA KATA ALKITAB TENTANG THEMA TERSEBUT.

Mendalami thema tidak sesempit kata KOMUNITAS ITU SAJA tetapi mencoba mencari tahu di Alkitab, komunitas itu ujung-ujungnya bermuara ke mana. Simak di Kisah Para Rasul pasal 2, semua mengacu pada penuaian jiwa-jiwa.  ( cara hidup jemaat mula-mula). Karena kalau kita berpandangan sesempit pada kata KOMUNITAS ITU SAJA, maka lagu-lagu yang terpilih akan berkisar ke KESATUAN UMAT TUHAN, seperti lagu-lagu sbb:

JADIKAN KAMI SATU

Kami rendahkan diri, dihadapanMU,
membawa hancur hati saat berseru,
agar kami saling melengkapi tubuhMU,
seperti KAU dan YESUS adalah satu

Kami rendahkan diri, dihadapanMU,
membawa hancur hati saat berseru,
agar kami saling melengkapi tubuhMU,
seperti KAU dan YESUS adalah satu

Jadikan kami satu, seperti kerinduanMU,
agar dunia tahu, bukti nyata dari kasihMU,
sebelum kami pergi memberitakan kasihMU,
mulailah dari kami lebih dulu,
jadikan kami satu

 

Namun tidak menutup kemungkinan saat anda mendapatkan thema komunitas, lagu yang dipilih lagu berthemakan tentang kesatuan tubuh Kristus, tidak ada yang salah dengan itu, terutama bila pendalaman kita sampai pada BAGAIMANA CARA BERKOMUNITAS YANG BAIK, yaitu dengan cara menjaga kesatuan. Namun di saat mana Roh Kudus menuntun anda untuk mengarah pada APA TUJUAN BERKOMUNITAS yaitu untuk menjangkau jiwa-jiwa, maka lagu-lagu yang berthemakan jiwa-jiwa jauh lebih tepat dibandingkan dengan lagu-lagu berthemakan kesatuan tubuh Kristus. Jadi di sini tidak ada yang salah atau mana yang lebih benar, melainkan bagaimana Roh Kudus menuntun anda MENDALAMI THEMA tersebut. Bila anda berjalan bersama tuntunan Roh Kudus dalam memilih lagu, dan bagaimana mendalami thema, jangan terkejut bila lagu-lagu yang anda pilih bisa senada dengan khotbah yang disampaikan, walaupun anda tidak berjanjian dengan sang pengkhotbah.  Mengapa bisa begitu? Karena Roh Kudus yang menjadi Sutradara Agung, adalah Roh Kudus yang sama yang menolong pengkhotbah maupun WL, walau tidak didudukkan dalam meeting di ruangan yang sama.

Setelah itu, saya tempatkan satu lagu menjelang Firman yang kira-kira bisa mewakili thema khusus hari itu, yaitu pembapakan rohani dan anak rohani dalam komunitas, dengan mengambil lagu ini:

 Seperti HatiMu – UX Band

 Dec.06, 2009 in Indonesian SongsS – Indonesian

BERIKANKU HATI S’PERTI HATI-MU

HATI YANG MENGASIHI JIWA YANG TERHILANG

BERIKANKU MATA S’PERTI MATA-MU

MEMANDANG JIWA YANG DALAM G’LAP

KU MAU BERADA DALAM RENCANA-NYA

DAN MELAKUKAN PERBUATAN-NYA YANG BESAR

MEMULIHKAN HATI YANG TERLUKA

MENJADI RUMAH BAGI MEREKA YANG LELAH

MEMBAGI HIDUP DAN MILIK KITA BERSAMA

JADIKAN HATIKU SEPERTI HATI-MU, BAPA

Songwriter : Yordan Kurniawan

 

Perhatikan bahwa syair lagu ini MEMBAGI HIDUP DAN MILIK KITA BERSAMA adalah gaya Kisah Rasul pasal 2 banget…cara hidup jemaat mula mula banget..ya begitu itulah komunitas itu.

Nah kalimat Jadikan hatiku seperti hatiMu Bapa…adalah kalimat yang keren sekali dalam lagu ini untuk kita belajar punya hati anak terhadap Bapa, dan punya hati bapa dari Bapa sendiri.

Di samping lagu ini juga bicara tentang jiwa-jiwa. Nah seru kan ??

Jadi menurut saya; lagu yang kita pakai menjelang Firman Tuhan tidak harus lagu yang syairnya berupa kerinduan akan Tuhan , seperti contoh lagu Sperti Rusa yang Haus, dll. Atau lagu yang berthemakan tentang Firman Tuhan , contoh lagu: firman -Mu pelita bagi kakiku, dst

Tetapi bila ibadah itu BERTHEMA/ THEMATIK, maka lagu yang mengarah ke thema ; BISA DIJADIKAN LAGU MENJELANG PENYAMPAIAN FIRMAN TUHAN. Dengan catatan anda benar-benar tahu thema ibadah hari itu/ bulan itu apa, dengan benar-benar jelas. ( tidak main kira-kira).

Mengapa begitu? Karena lagu menjelang penyampaian Firman Tuhan akan menggiring umat Tuhan mengarahkan diri kepada Tuhan dan dipersiapkan tanah hatinya dengan kebenaran Firman Tuhan yang bisa saja didahului oleh kebenaran Firman Tuhan  yang ada pada lagu PRA FIRMAN TUHAN.

 

 

Jadi kesimpulannya, metode apa yang saya pakai dalam memilih dan mengurutkan lagu pada kesempatan pelayanan kali ini? METODE PENDALAMAN THEMA DARI APA KATA FIRMAN TUHAN TENTANG THEMA TERSEBUT.

 

Keluar dari konteks tersebut. Kita bisa juga memilih lagu dengan menggunakan SATU KATA KUNCI.

Contoh ; kata kunci BANGKIT;

Maka kita bisa memilih lagu-lagu yang menyebut kata bangkit;

Bangkit Srukan Nama Yesus

Allah bangkit, bersoraklah !

Bangkit dan bersinar !

( dst)

 

Nah sekarang saya beri ulasan VARIASI pada setiap lagu, yang saya susulkan tulisannya, karena memang saya posting pertama tulisan ini PADA SAAT SEBELUM LATIHAN dan SEBELUM IBADAH BERLANGSUNG, sekarang setelah selesai latihan, dan setelah selesai ibadah akan saya beri ULASAN PELAKSANAANNYA.

Nah ternyata ya…Pastor Bobby Turambi, gembala kami di sini, mengubah naskah kotbahnya menjadi berbicara tentang MURID SEJATI. Nah lho….menyambung nggak tuh dengan lagu-lagu yang saya pilih…?? Kalau saat mana kita menggumuli lagu bersama dengan Roh Kudus, akan tetap nyambung juga. Di mana beliau juga menyinggung tentang cara hidup jemaat mula-mula, di mana beliau juga menyinggung bahwa murid harus melahirkan murid, serta ayat yang pertama di buka adalah ayat Amanat Agung / ayat penginjilan/ menjangkau jiwa-jiwa. Nanti dalam THEMA BULANAN – yang akan banyak berbicara tentang komunitas, maka ibadah kali ini bisa menjadi suatu – festival musik thema.

Baik sekarang kita bahas Variasi yang saya buat dalam ibadah kali ini:

This I  Beleive

 

1= F

Verse 1

Bapaku yang kekal

Pencipta yang Esa

Maha Kuasa

Dikandung Roh Kudus

Yesus Kristus datang Juruslamatku

 

Chorus

Kupercaya  Allah Bapa

Kupercaya Sang Putra

Kupercaya Roh KudusMu

Kau Allah Tri Tunggal

Kupercaya kebangkitan ada dalam kita

Kupercaya dalam nama Yesus

 

Verse 2

Hakim dan Pembela

Disalib Sengsara

Kaulah rahmatku

Turun ke dalam g’lap

Yang Mulia bangkit

Bertahta s’lamanya

 

Bridge:
I believe… in You!
I believe You rose… again!
I believe… that Jesus Christ is Lord!

 

————-saya memulai lagu ini dengan DOA PEMBUKAAN ( hindarkan seremonial: contoh Mari kita Berdoa ” Tuhan…!” ; tetapi langsung saja angkat doa, jemaat akan tahu kalau itu berdoa)

————sebelum berdoa tentu saya sapa jemaat ( hindarkan sapaan yang sama terus dari minggu ke minggu, contoh “Shalom jemaat Tuhan” ; tetapi Variasikan selalu contoh “Sungguh indah kita bisa ibadah sama-sama pagi ini…semuanya semangat?” minggu depan beda lagi “Selamat pagi umat Tuhan!”, dst.

———–setelah menyapa jemaat , saya ajak mereka BERDIRI- karena ini lagu PENGAKUAN IMAN PERCAYA yang saya angkat menjadi LAGU PEMBUKA, maka saya ajak jemaat posisi tubuh/ sikap tubuhnya BERDIRI. Coba bayangkan kalau nyanyi lagu semegah ini kog sambil duduk , jelas keagungan dari lagu ini akan hilang/ berkurang.

———-jadi urutannya adalah SAPA JEMAAT- AJAK JEMAAT BERDIRI- DOA PEMBUKAAN- NYANYI LAGU PERTAMA.

———di lagu ini VARIASI-nya adalah dipadukan dengan PENYEMBAHAN BERMAZMUR

( Saya mencoba membiasakan istilah penyembahan bermazmur, karena kalau memakai istilah penyembahan saja, ada yang mengkritik bahwa penyembahan itu tidak identik dengan menyanyi di gereja, jadi saya tembahkan embel-embel bermazmur, karena kita sedang menyembah dengan saat itu memakai cara BERMAZMUR/ making melody)

Urutan yang bisa dipakai adalah:

Ibadah Pagi :

V1 ( Verse 1)

C ( Chorus)

V2 ( Verse 2)

V1 ( Verse 1)

C ( Chorus)

C ( Chorus)-bawa sampai suasana HIGH

secara tiba-tiba nyanyikan Bridge (B) – LOW 

Penyembahan Bermazmur – Low

bawa pelan-pelan ke HIGH

Ulang di Bridge ( B)- high

Chorus ( high)

Chorus ( high)

 

Ibadah Sore:  saya coba variasi yang beda- bisa dilihat di tulisan dengan cetak tebal

V1 ( Verse 1)

C ( Chorus)

V2 ( Verse 2)

V1 ( Verse 1)

C ( Chorus)

C ( Chorus)-bawa sampai suasana HIGH

Bridge dengan suasana masih HIGH

Bridge LOW

Penyembahan Bermazmur – Low

bawa pelan-pelan ke HIGH

langsung ke  Chorus ( high) – tidak lewat Bridge lagi

 

BAIK sekarang kita melaju ke lagu berikutnya:

KAMI TRIMA KUASAMU TUHAN

True Worshippers

1= C
KAMI YANG T’LAH DITEBUS
DENGAN DARAH YANG KUDUS
MENGANGKAT PUJIAN BAGI-MU

KAMI BAIT KUDUS-MU
S’BAGAI BUKTI KARYA-MU
NYATAKAN KAU BESAR DAN HIDUP

BERLARI SAMPAI TUJUAN
MENDAPATKAN MAHKOTA KEKAL

REFF:
KAMI T’RIMA KUASA-MU TUHAN
KAMI T’RIMA KEMENANGAN YANG
ENGKAU SEDIAKAN ‘TUK KAMI BAWA
DI SETIAP LANGKAH

DI MANA PUN KAMI BERDIRI
KE MANA PUN KAMI ‘KAN PERGI
DI SITU PASTI MUJIZAT-MU TERJADI

KAMI T’RIMA KUASA-MU TUHAN
KAMI T’RIMA KUASA-MU

—————————————————dari lagu megah This I Beleive tadi, maka menuju lagu tempo cepat seperti ini, beri  jeda sorak sorai, dll

————————————————–pada lagu ini saya menggunakan Variasi TARIAN ETNIS BATAK , di mana semua singer dan WL sudah dikondisikan tarian ini sejak latihan, sehingga saat mengajak jemaat gampang aja, pas intro udah kita bilang ; “Ikuti tarian kami ya…!” ( bagi yang belum tahu tariannya seperti apa , bisa lihat di video tersebut di bagian akhir ada para singernya nari) Tarian ini bisa kita letakkan pada INTRO, INTERLUDE ATAU ENDING. kami pakai semuanya.

————————————————Urutan lagu ini biasa saja, hanya pada saat Drum Only, jemaat diajak menyanyi sambil menari ( di bagian Chorus) – kalau sebelumnya mereka sudah nari di intro dan di interlude tapi pas Verse nggak nari, nah pada saat drum only Chorus, kita ajak mereka nari sambil nyanyi.

 

TERANGI DUNIA

1= G ( wl;GRACE)

 

Woo, o, o, wo, o, ow  x3

 

Woo, o, o, wo, o, ow  x3

 

Verse

 

Bangkit ku mau bangkit bagiMu

 

Bersinar dan memuliakanMu

 

Maju ku mau maju bagiMu

 

Berjalan dengan kuat imanku

 

Pre Chorus

 

Ku mau hidup jadi terangMu

 

Terangi dunia di seklilingku

 

 

Chorus

 

Bangkit dan bersinar bagiMu

 

Serukan namaMu atas kemenanganku

 

Maju dan tinggikan NamaMu

 

Saksikan kemenangan

 

Nyatakan Kaulah Tuhan di hidupku

 

Woo, o, o, wo, o, ow  x3 –

 

See more at: http://www.penyembah.com/lagu/view/terangi-dunia#sthash.Iu1oa1CR.dpuf

 

—————————————————karena lagu ini baru bagi saya, jadi ini baru pertama saya angkat lagu ini, jadi saya tidak pakai  variasi apa apa  di lagu ini.

 

Mawar Sharon

By Iwan

1=F

 

Bangkitlah gereja Tuhan di Indonesia

Menuai jiwa bagi kerajaan Tuhan

Siapkanlah dirimu jadilah pemenang jiwa

Kalahkan dunia bagi kemuliaan-Nya

 

Mari kita yang percaya umat pilihan Allah

Emban tugas yang mulia menjangkau jiwa-jiwa

Bangkitlah tentara Allah s’lamatkan Indonesia

Mawar Sharon We Are on the Move

————————————————————sebelum nyanyi lagu ini, saya ajak jemaat berbalas-balasan ; “Kalau saya berkata MAWAR SHARON…? Maka anda jawab ya ..” We are on the move…!!”

Beberapa kali saya ajak mereka berbalas-balasan, termasuk setelah bersama-sama, juga per blog barisan duduk jemaat, saya dengar balasan mereka satu persatu, sementara itu intro lagu sudah dimulai.

———————————————————-Variasi berikut adalah; saya ajak jemaat berbalas-balasan saling memberi semangat BLOG kanan berhadapan jemaat dengan BLOG Kiri, dengan demikian mereka kita kondisikan berdiri saling berhadapan. Lalu ajak mereka menyanyi sbb:

Bangkitlah gereja Tuhan di Indonesia ( blog Kanan)

Menuai jiwa bagi kerajaan Tuhan ( blog Kiri)

Siapkanlah dirimu jadilah pemenang jiwa ( blog Kanan)

Kalahkan dunia bagi kemuliaan-Nya ( Blog Kiri)

 

Mari kita yang percaya  ( blog Kanan)

umat pilihan Allah ( blog kiri)

Emban tugas yang mulia ( blog kanan)

menjangkau jiwa-jiwa ( blog Kiri)

Bangkitlah tentara Allah ( blog Kanan)

s’lamatkan Indonesia ( blog Kiri)

Mawar Sharon We Are on the Move ( sama -sama)

——————————————————————Variasi berikut, saya ajak berbalas-balasan Jemaat dengan Tim WL Dan Singer, sbb:

Mari kita yang percaya ( mulai dulu dari tim WL dan singer)

umat pilihan Allah ( seluruh jemaat yang sudah menghadap ke depan)

Emban tugas yang mulia ( WL dan singer)

menjangkau jiwa-jiwa ( jemaat)

Bangkitlah tentara Allah ( WL dan singer)

s’lamatkan Indonesia ( Jemaat)

Mawar Sharon We Are on the Move ( sama -sama)

—————————————————————tentunya kita sudah mengajak tim musik untuk mengerti variasi ini, sehingga pada saat itu PADA AWALNYA menyanyi biasa satu putaran Verse dan Chorus, setelah itu MUSIK STAY DI CHORD 1, semenatara kita jelaskan aturan game ini pada jemaat, posisikan 2 singer menemani posisi jemaat kanan, dan posisikan 2 singer menemani posisi jemaat kiri. Setelah jemaat mengerti siapa yang nyanyi duluan, kita akan nyanyi berbalas-balasan. Jadi pada variasi seperti ini, baik tim musik, singer harus tahu dari saat latihan bahwa kita akan pakai variasi ini, jadi pada saat jemaat nyanyi, maka WL dan singer akan kompak sodorkan mike ke jemaat. Dan saat jemaat nyanyi kanan dan kiri, maka WL akan bergantian hadap kanan dan kiri secara cepat untuk beritahu jemaat blog mana yang sekarang nyanyi, sedangkan singer akan nyanyi pada bagian blognya masing-masing)

 

 

INILAH AKU

Do= F (wl grace)

 

Oleh segenap kasih, oleh karna anugrah

Kau memilihku

Dengar detak hatiMu, banyak jiwa berseru

Menantikan-Mu Tuhan

 

Inilah aku, utuslah aku

Agar s’mua orang mengenal nama-Mu

Segenap doa, segala karya

Kupersembahkan tuk keharuman nama-Mu

 

 Seperti HatiMu – UX Band

 Pagi- 1- F-G, Sore 1= F-G-A

Dec.06, 2009 in Indonesian SongsS – Indonesian

 

BERIKANKU HATI S’PERTI HATI-MU
HATI YANG MENGASIHI JIWA YANG TERHILANG
BERIKANKU MATA S’PERTI MATA-MU
MEMANDANG JIWA YANG DALAM G’LAP

 

KU MAU BERADA DALAM RENCANA-NYA
DAN MELAKUKAN PERBUATAN-NYA YANG BESAR

 

MEMULIHKAN HATI YANG TERLUKA
MENJADI RUMAH BAGI MEREKA YANG LELAH
MEMBAGI HIDUP DAN MILIK KITA BERSAMA
JADIKAN HATIKU SEPERTI HATI-MU, BAPA

 

Songwriter : Yordan Kurniawan

————————————————————–dua lagu terakhir ini saya meadleykan, di mana lagu INILAH AKU dinyanyikan utuh, sedangkan SEPERTI HATIMU dinyanyikan chorus only. Karena pada awalnya lagu INILAH AKU in F dan lagu SEPERTI HATIMU in G, maka karena di meadley, saya buat Seperti Hati-Mu dinyanyikan start dari F  lalu modulasi ke G. Namun untuk jaga-jaga bila pembicara ingin lagu ini dinyanyikan dari depan dari Verse, maka langsung akan main in G ( karena kalau main in F bagian Verse terlalu rendah nadanya)

Jadi bisa beberapa kemungkinan seperti ini yang bisa anda pilih-

Inilah Aku

1= F

Verse

Chorus ( ulang beberapa kali sekehendak anda)

SEPERTI HATIMU

Only Chorus – 1= F modulasi ke 1= G

————————————————–atau seperti ini

Inilah Aku

1= F

Verse

Chorus in F

Chorus modulasi in G

SEPERTI HATIMU

Chorus only sudah di 1= G.

——————————————————————–pada malam hari bisa naik lagi ke 1= A karena pada malam hari suara kita lebih tinggi 1 nada daripada pagi. Namun ini tidak bisa berlaku untuk semua lagu, kita tetap perlu lihat range suara dari lagu tersebut, apakah masih mungkin diajak naik lagi atau tidak.

——————————————————————–mengapa pada lagu SEPERTI HATIMU hanya chorus only?  Agar dari lagu INILAH AKU terus akan menuju klimaks dengan meadly langsung ke Chorus lagu SEPERTI HATIMU, jangan nyanyi lagi dari Verse, akan menurunkan grafik. Namun jika anda ingin menyanyi dari VERSE bisa saja, asal grafiknya bisa dipastikan dibawa naik lagi, Jika anda ingin menyanyikan Verse lagu Seperti Hatimu, urutannya bisa sbb:

Inilah Aku : 1= F, Verse, Chorus, (ulangi sampai dirasa cukup) Seperti Hatimu- langsung ke CHORUS, 1=F, lalu bawa ke Verse, Chorus 1=F, Chorus 1=A, Chorus 1=A

YANG saya cetak tebal itu untuk tujuan MANYAMBUNG LAGU MEADLEY tetapi tetap NAIK, lalu akan turun sedikit pada saat Verse, tetapi akan naik lagi dengan modulasi Chorus.

Tidak terlalu disarankan urutan yang seperti ini: Inilah Aku 1=F; Verse, Chorus, Seperti Hatimu 1= F, Verse, Chorus.

Jika suasana menjelang khotbah, usahakan suasana semakin klimaks naik , sehingga jemaat dalam posisi high praise and high worship, siap masuk dalam penyembahan bermazmur atau doa menjelang Firman Tuhan.

 

 


NOTE WL 2 OKTOBER 2016.

THEMA; PETANI

II Timotius 2:6

2:1 Sebab itu, hai anakku, u  jadilah kuat v  oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus. 2:2 Apa yang telah engkau dengar dari padaku w  di depan banyak saksi, x  percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai 1 , yang juga cakap mengajar orang lain. 2:3 Ikutlah menderita 2  y  sebagai seorang prajurit z  yang baik dari Kristus Yesus. 2:4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya. 2:5 Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota a  sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga. 2:6 Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya. b  2:7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

 

Pengkotbah; Pastor Philip Mantofa dari Streaming.

Lagu yang dipilih; ( lengkap dengan tangga nada, alur, variasi yang digunakan, alasan pemilihan lagu, dll)

 

 

  • ANUGRAH TERINDAH yang dipopulerkan oleh Regina Ivanova

ANUGRAH TERINDAH

KAU TAU HATIKU TUHAN
KAU TAU RINDUKU TUHAN
KAU TAU HARAPKU, KAU TAU MIMPIKU
DI TANGAN-MU TUHAN

DALAM SEG’NAP JALANKU
DALAM SETIAP LANGKAHKU
HANYA KAU TUHAN YANG KUANDALKAN
MENGHADAPI SEMUA

YESUS KAU ANUG’RAH TERINDAH DALAM HIDUPKU
KAU SUNGGUH BERARTI DI SETIAP JALANKU
ANUG’RAH-MU SELALU MEMPESONAKU
YESUS KAU TERBAIK, YESUS KAU TERMANIS DI DALAM HIDUPKU

Anugrah terindah dipilih dengan alasan pemilihan lagu sbb:

Seorang petani ..                       memiliki harapan yang besar untuk tuaian yang akan dia nikmati kelak. Lagu ini mengandung unsur pengharapan yang sangat besar di dalam Tuhan

Alur :

Verse 1 ( 1=C) Verse 2,

Verse 1 ( 1=D) Verse 2,

Chorus

Chorus

Coda

Making melody

 

Variasi yang dipakai pada lagu Anugrah Terindah ini adalah:

Biasanya MODULASI KE TANGGA NADA LEBIH TINGGI dipakai di CHORUS ke CHORUS, tetapi kali ini saya terapkan di VERSE KE VERSE

Dalam pelaksanaan ternyata seru juga.

 

JANGAN LELAH

Jangan lelah
Bekerja di ladangNya Tuhan
Roh Kudus yang b’ri kekuatan
Yang mengajar dan menopang

Tiada lelah
Bekerja bersamaMu Tuhan
Yang selalu mencukupkan
Akan segalanya

 

Reff :
Ratakan tanah bergelombang
Timbunlah tanah yang berlubang
Menjadi siap dibangun
Di atas dasar iman

 

Alasan pemilihan lagu; Jangan Lelah, simple aja sih, karena ada kata LADANG. Walaupun lagu ini tidak semata-mata mengacu pada pekerjaan petani sungguhan di sebuah ladang, melainkan ladang pekerjaan Tuhan, namun pembahasan mentality seorang petani tentunya dapat kita terapkan di semua bidang ya.

Alur:

Jangan Lelah ( 1= C)

In, Verse 1, Verse 2, Chorus

In, Verse 1, Verse 2, Chorus

Chorus ( drum only, with clap hands in the same rhythm)

Chorus ( 1=D)

Chorus

Coda

Variasi yang dipakai dalam lagu ini hanyalah variasi umum saja, tidak terlalu istimewa. Karena lebih menitik beratkan pada menyerap semua isi syair untuk persiapan nanti menerima paparan firman Tuhan

 

 

 

Sukacita Penuaian – Sidney Mohede

 

Ketika Tuhan memulihkan keadaan Sion
Keadaan kita seperti orang yang bermimpi
Waktu itu mulut kita penuh dengan tawa
Lidah kita dengan sorak sorai

Yang menabur dengan mencucurkan air mata
Akan menuai dengan bersorak sorai
Yang berjalan menangis sambil menabur benih
Pasti pulang membawa berkas berkasnya

Alasan pemilihan lagu Sukacita Penuaian: sangat simple sekali; yaitu lagu ini sangat thematik sekali dengan materi khotbah/thema kotbah yang akan diusung.

Walaupun khotbah bukan bahas mengenai pemulihan Zion, tetapi hukum tabur tuai pasti sedikit banyak akan disinggung dalam materi khotbah nantinya.

Seorang WL harus dalami Firman Tuhan dari thema yang ada, sehingga Roh Kudus bisa beri ketajaman dalam pemilihan lagu, berdasarkan hikmat yang Dia berikan melalui rhema firman Tuhan.

Alur Sukacita Penuaian.

1= G

In, Verse 1 Verse 2

Chorus

In, Verse 1, Verse 2

Chorus

Chorus ( drum only)

Chorus up

Coda

——————–seoalh-olah lagu telah selesai. Musik hanya stay di string nada panjang keyboard

Ajak jemaat berdialoge sebentar

Lalu ulangi pada

Chorus, tanpa Intro

With drum only

Menuju ke suasana DOWN- with CODA ENDING

Dengan ritardando

Lantas dengan suasana down itu, jemaat diajak duduk

Bersiap menyanyikan lagu menjelang Firman Tuhan

 

Variasi yang dipakai di lagu ini adalah:

Tidak selalu lagu kita bawa ke UP, boleh saja kita bawa ke DOWN, apalagi bila lagu sesudah itu adalah lagu dengan slow beat/ tempo lambat.

Langsung akan di meadley dengan CHORUS LAGU BERIKUTNYA

 

 

KU TAK AKAN MENYERAH

Dalam s’gala perkara
Tuhan punya rencana
Yang lebih besar dari
Semua yang terpikirkan
Apapun yang Kau perbuat
Tak ada maksud jahat
S’bab itu kulakukan 
Semua denganMu Tuhan

Reff:

Ku tak akan menyerah pada apapun juga
Sebelum ku coba, semua yang ku bisa
Tetapi kuberserah kepada kehendakMu
Hatiku percaya Tuhan punya rencana.

Alasan pemilihan lagu ini:

Petani adalah suatu profesi yang menuntut kesabaran tinggi lebih dari profesi lainnya yang demikian mudah langsung menampakkan hasil pekerjaan dalam waktu cepat.

Oleh karena itu pilihan lagu ini sangat tepat sebagai lagu pra Firman Tuhan

Jadi yang namanya lagu pra Firman Tuhan tidak selalu harus lagu; Seperti Rusa, Lebih Baik 1 hari di PelataranMu, dll, melainkan lagu thematik beberapa bisa dipilih / namun tidak semua lagu thematik cocok untuk lagu pra FT.

Alur yang direncanakan untuk lagu ini adlah

 

OPENING CHORD- String only

CHORUS- with string/ in the slower beat and ritardando  and vermata in the ending

Verse 1 ( in the steadly beat)

Verse 2

Chorus

Verse 1

Verse 2

Chorus

Chorus

Chorus

Coda with the vermata

 

Making Melody ( progressif chord penyembahan)

 

Namun dalam pelaksanaannya di ibadah, karena streaming belum juga mulai, dalam waktu cukup lama, maka yang saya lakukan adalah:

Bertanya pada Roh Kudus, Sang Sutradara Agung, apa yang harus sala lakukan:

Maka inilah hasilnya:

  1. Menyanyi sesuai alur tersebut di atas
  2. Making Melody sesuai yang sudah direncanakan
  3. Mengadakan perpanjangan dengan cara, pria saja menyanyi, wanita saja penyanyi.
  4. Mengadakan perpanjangan dengan cara, making melody lagi, lalu nyanyikan lagu lagi dari LOW/ Tempo lambat/ lebih lambat dari sebelumnya, only Chorus.
  5. Beri kata-kata sesuai intisari lagu, sementara instrument berjalan
  6. Ajak penyembahan/ making melody sambil berdiri
  7. Nyanyikan lagu lagi dari awal dengan UP
  8. Ulang di chorus, sampai streaming mulai

Jadi intinya, jika pembicara belum datang, atau streaming belum mulai , kita bisa minta hikmat Roh Kudus, apa yang harus kita lakukan

Dalam hal ini saya tidak menambah lagu baru, karena kawatir pergantian lagu lain, tidak sesuai dengan thematik PETANI tersebut.

Setelah ibadah selesai, saya coba wawancarai beberapa jemaat, apakah mereka merasa lagu terakhir begitu membosankan karena panjang..?

Mereka bilang tidak terasa panjangnya.

Puji Tuhan…!! Jemaat tidak tahu bahwasannya saya sedang cari cara bagaimana membawa suasana dari flat- ke low- ke Up- dengan satu lagu saja plus penyembahan, sembari menunggu streaming yang belum mulai, tanpa mereka sadari.

Tips;

Jangan panik, jika situasi ini terjadi, tetap berkomunikasi dengan Roh Kudus, apa yang harus dilakukan

Jemaat tidak perlu kita buat panik “Jemaat …ini streaming belum mulai, jadi sambil menunggu kita akan…bla bla bla…” TIDAK PERLU !!


 

 

NOTE WL KE 4 ( OKTOBER 2016)

Wl kali ini, langsung saya susun lagu cepat sebagai lagu awal, namun bagian dari lagu cepat tersebut saya ambil untuk memulai lagu dengan tempo lagu yang dilambatkan.

Dan karena lagu yang ingin saya ambil bagiannya untuk dilambatkan tersebut adalah bertangga nada minor, maka saya ambil penyembahan / making melody di awal dengan menggunakan pola minor progressif chord.

Kali ini karena tidak bertema, jadi saya memilih lagu-lagu sesuai dengan tuntunan Roh Kudus, murni tanpa pengetahuan thema firman Tuhan nanti akan membahas apa.

Semuanya akan aman-aman saja, bila anda mempersiapkan ibadah yang tidak mempunyai info thema khusus, bila lagu-lagu yang kita pilih mengarah ke PUJIAN PENGAGUNGAN PADA TUHAN, hindari LAGU PENGAJARAN yang mengarah pada thema tertentu, karena sangat beresiko bila tidak sesuai dengan thema kotbah.

Contoh seperti lagu-lagu yang saya pilih kali ini, semuanya lagu PUJIAN PENGAGUNGAN pada karya Tuhan dalam hidup kita.

 

 

PENYEMBAHAN/ MAKING MELODY di awal dengan 6 = F# minor

 

ALLAHKU DAHSYAT

ALLAH DAHSYAT
Franky Sihombing

DARI UTARA KE SELATAN, TERDENGAR PUJIAN BAGI ALLAH
DARI BARAT SAMPAI KE TIMUR, NAMA YESUS DISANJUNG TINGGI
DARI PULAU-PULAU, LEMBAH-LEMBAH
GUNUNG-GUNUNG YANG TINGGI

KEMULIAAN-NYA DISAKSIKAN, KEBESARAN-NYA DIC’RITAKAN
YESUS, YESUS NAMA YESUS, NAMA YESUS DISANJUNG TINGGI
DARI PULAU-PULAU, LEMBAH-LEMBAH
GUNUNG-GUNUNG YANG TINGGI

REFF:
ALLAHKU DAHSYAT, BERKUASA
S’LURUH BUMI SUJUD, MENYEMBAH
TINGGIKAN NAMA-MU

ALLAHKU DAHSYAT, BERKUASA
S’LURUH BUMI SUJUD, MENYEMBAH
TINGGIKAN NAMA-MU OOOO…….

 

 

( Chorus only – dengan tempo yang dilambatkan 2X,

Chorus only- 1X dengan tempo accelerando / semakin lama semakin bertambah cepat

Chorus only- 2 X in steadly beat/ tempo yang stabil di tempo cepat)

intro

Verse 1 + bridge

Verse 2 + bridge

Chorus

Chorus with drum only

Chorus modulasi to 6 = G#

fermata in ending

Bridge

Bridge

Bridge (perhatikan, pengulangan bridge 3 kali ini, memang sudah direncanakan, disepakati bersama dan dipatenkan pada saat ibadah berlangsung, jadi pemusik sudah hafal bahwa bridge ini akan berulang 3 Kali)

“yang tinggi……..yang tinggi………..yang tinggi…………yang tinggi…..” ( 4 X)

Chorus with MARCATO > > > >  ( menyanyi dengan agigoge penekanan-penekanan/marcato pada beberapa titik nada, contoh ALLAH ku DAHSYAT berkuasa , sluruh  bumi SUJUD MENYEMBAH , tinggikan namaMu, ( DST)

coda : Allahku Dahsyat.

 

KING OF MAJESTY 1=F ( Hillsong)

“King Of Majesty”

You know that,
I love You,
You know that,
I want to know You so much more,
More than I have beforeThese words are,
From my heart,
These words are,
Not made up,
I will live for You,
I am devoted to You,

[Pre-Chorus:]
King of Majesty
I have one desire
Just to be with You my Lord,
Just to be with You my Lord,

[Chorus:]
Jesus You are the Saviour of my soul
And forever and ever I’ll give my praises to You,
Jesus You are the Saviour of my soul
And forever and ever I’ll give my praises to You,

[Bridge:]
Jesus You are the Saviour of my soul [echo]
And forever and ever I’ll give my praises to You [echo]

 

Pada lagu ini saya menciptakan melody intro sendiri. Di mana intro vocal ini akan dinyanyikan bersamaan dengan jemaat dan pemusik, sebagai intro lagu.

Di dapatlah melody seperti ini ( hasil diskusi dengan pemusik)

—  —                 —-  —

.  .      .                  .   .      .    .    .

1 1   . 1    6   5   / 1  1  .  3   2  1  / ( 8 X)

ow ow ow ow ow ow…

nada Do La Sol nya didapat dari tiruan lagu asli “You Know that..”, sisanya dimodifikasi sendiri.

Verse 1

Verse 2

Pre Chorus

Chorus

Intro Ow ow ow ow ( 4 X)

Verse 1

Verse 2

Pre Chorus

Chorus

Chorus

Coda: Ow ow ow ow ( 4 x)

jadi karena di lagu ini sudah diciptakan intro kreatif , maka kita tidak perlu perbanyak lagi dengan variasi lain seperti overtone, dll.

 

PENEBUSKU HIDUP

1= D-E

PENEBUSKU HIDUP
Reuben Morgan

E7                 A7
KUTAHU DIA PENOLONGKU
E7                      A7
DARAH-NYA HAPUS DOSAKU
E7           A7        E7
KUYAKIN, KUYAKIN

E7                   A7
DIA ANGKAT DERITAKU
E7                       A7
BELENGGU DAN SAKITKU
E7          A7         E7
KUYAKIN, KUYAKIN

B
KUANGKAT PANJI
A
OH.. OH… OH…
B
DIA T’LAH MENANG ATAS MAUT

E        A              C#m      B
DIA PENEBUSKU, DIA HIDUPLAH
E/G#      A          Cm7    B
DIA PENEBUSKU, DIA HIDUPLAH

D                            A/C#
KAU BEBASKANKU, KU KAN BANGKIT
E                F#m7
KU ‘KAN MENARI MENYAMBUT
E/G#   A            B
K’RAJAAN-MU DATANG

 

dalam lagu ini saya akan ajak jemaat masuk dalam MOVE/ gerakan serempak. Tentunya gerakan ini tidak pada tiap kata, melainkan hanya sebagai AKSEN saja pada lagu yang paling ashik/ paling seru untuk digerakkan.

Pada bagian “I beleive……I beleive !” saya ajak jemaat mengepalkan tangan kanan ke atas, lalu setelah semua melakukan itu, saya ajak mereka tepukkan kepalan tangan itu di dada atas pundak kiri. sepanjang 7 ketuk, lalu menurunkan tangannya, lalu kembali lagi menepukkan pada ketukan ke 8. Sebenarnya itu tergantung kreatifitas anda saja.

Cara mengajak jemaat move …ajak dulu mereka menyanyi 1 kali putaran  lagu penuh.

Setelah itu, mintalah pemusik untuk main terus sementara kita ajak mereka berlatih dulu gerakannya seperti apa. Bila jemaat bisa semua, maka kini ajak mereka gerak lagi, dengan kita masukkan nyanyian lagu pada gerakan itu saja ( jangan dari awal lagu dulu)

Setelah jemaat paham di mana nanti gerakan itu akan dipakai, baru kita ajak menyanyi dari awal, dan kita ingatkan mereka bergerak sesaat sebelum ” I Beleive ” itu muncul/ tiba.

Verse 1

Verse 2

Verse 1

Verse 2

Pre Chorus

Chorus

intro ( 2X)

Verse 1

Verse 2

Pre Chorus

Chorus

Bridge

Chorus ( drum only)

Chorus 1= E

Chorus

Ending

 

KAU T’LAH UBAH

GMS LIFE , by Redo Daeng Badjie

1= E-F

selanjutnya kita sebut LAGU A

Verse 1
KemurahanMu tiada terukur
Dalamnya kasihMu menjamah hatiku
Kau t’lah angkat hidupku
Dan tebus dosaku

Verse 2
Betapa berharga diriku di hatiMu
Tak terbayang Kau mati ganti dosaku
Kau t’lah angkat hidupku
Dan tebus dosaku

Chorus
Kau t’lah ubah hidupku jadi baru
Tiada kata terlukiskan
Tuk ungkapkan syukurku
Kau t’lah ubah hidupku jadi indah
Kini ku hidup hanya untuk memuliakanMu

Bridge
Tlah ku temukan kasih
Kasih setia di dalamMu Tuhan
Kau t’lah ubahkan sluruh hidupku
Kini ku mau bri yang terbaik bagiMu
Ooo.. – See more at: http://www.penyembah.com/lagu/view/kau-tlah-ubah#sthash.WicAzsNX.dpuf

MEADLEY WITH ; SUJUD DI ALTAR-NYA ( Chorus only)

Lirik lagu Ir. Djohan: Sujud Di AltarNya.

SELANJUTNYA KITA SEBUT LAGU B

bila hati terasa berat,
tak seorang pun mengerti bebanku,
‘ku tanya Yesus apa yang harus ‘ku buat,
Dia berfirman: “mari datanglah”,
Dia selalu pedulikan aku,
‘ku datang Yesus,
Dia pikul s’gala bebanku.

sujud di altarNYA,
‘ku bawa hidupku,
‘ku t’rima anug’rahNYA,
Dia ampuniku dan bebaskanku,
Dia ubah hidupku bah’rui hatiku,
sesuatu terjadi saat datang di altarNYA.

Verse 1 lagu A

Verse 2 lagu A

Chorus lagu A

Verse 1 lagu A

Verse 2 lagu A

Chorus Kau Ubah Hidupku lagu A

Chorus Sujud di Altar-Nya lagu B

Chorus Kau Ubah Hidupku lagu A

Chorus Sujud di Altar-Nya lagu B

Chorus Sujud di Altar-Nya 1= F lagu B

pada lagu ini, saya mencampur 2 lagu pada chorusnya saja.

dan pada chorus lagu ke dua, agar suasana lebih naik, tangga nada lagu saya overtone-kan.

 

 

From → NOTE WL HARI INI

Leave a Comment

Leave a Reply

