Skip to content

CONTOH PERSIAPAN MEMIMPIN PUJIAN DI KKR ANAK

November 28, 2016

Pada saat ada KKR anak di gereja saya, tepatnya dalam rangka Natal Eaglekidz 2016, saya diberi tugas memimpin pujian di KKR anak tersebut.

Memimpin pujian di KKR anak sih menurut saya seru-seru aja. Jangan takut untuk mengajak anak-anak berkesplorasi, karena sebenarnya anak-anak sangat mudah diarahkan asalkan ….:

Perintah kita jelas, sampai mereka mengerti apa yang kita maksudkan.

Tips dari saya:

  1. Minta tuntunan Roh Kudus
  2. Pilih lagu sesuai thema
  3. Rencanakan semua Variasi yang kita inginkan pada setiap lagu
  4. Jangan takut untuk melihat situasi, dan sewaktu-waktu mengubah rencana kita dari rencana semula yang sekiranya tidak bisa berjalan, kepada keputusan situasional, seperti misalnya pada perlakuan kepada lagu baru.
  5. Kuasai GEMA NADA
  6. Persiapkan accsesories yang menarik perhatian anak-anak, yang mana mereka melihat kita sebagai TEMAN mereka.

 

dan inilah persiapan yang saya lakukan:

THEMA ACARA; THE KING

PRAISE AND WORSHIP KKR NATAL EAGLEKIDZ 2016  GMS BREAKTHROUGH KENDARI

 

HAI MARI BERHIMPUN ( chorus only- in slow tempo)

1=C-D-E

Sembah dan puji Dia

Sembah dan puji Dia

Sembah dan puji Dia

Sang Raja ( 2 x in C, 2 X in D, 2 x in E)

Variasi: mengajak anak-anak berlutut

 

Dalam pelaksanaannya, setelah menyanyikan lagu ini, anak-anak saya ajak menyanyikan penyembahan spontan, atau making melody, atau sering disebut penyembahan, dengan metode bersahut-sahutan antara saya sebagai pemimpin dengan jemaat anak sebagai GEMA/ ECHOnya.

Bisa dipelajari pada tayangan ini:GEMA NADA

 

HAI MARI BERHIMPUN ( complite version in fast tempo)

1=E

Hai mari berhimpun dan bersukaria

Turut semua ke Betlehem

Marilah pandang Tuhan bala sorga

Sembah dan puji Dia

Sembah dan puji Dia

Sembah dan puji Dia

Sang Raja

Variasi; menyanyi dalam lingkaran

Keterangan, karena ada kata BERHIMPUN, saya mendapat ide untuk mengajak anak-anak membentuk lingkaran sesuai angka yang saya minta, misal angka 5, maka anak-anak membentuk lingkaran yang terdiri dari 5 anak, lalu mereka akan menirukan gerakan dari salah satu lingkaran di depan yang langsung saya pandu ( saya langsung ikut dalam lingkaran itu), gerakan bisa bergerak ke tengah, ke luar kembali, ke samping, dll

 

AKU ANAK RAJA

( 1=F)
Aku anak Raja, engkau anak Raja, kita semua anak Raja ( 2X)

Haleluya puji Tuhan ( 3X) Haleluya

Variasi; tunjuk teman yang memakai selendang.

Keterangan; Saya menyediakan satu selendang untuk saya kalungkan ke salah satu anak. Tiap anak yang mendapat selendang itu akan saya ajak ke depan, untuk pada saat kata ENGKAU ANAK RAJA, akan ditunjuk oleh seluruh jemaat anak, pada saat mereka semua menyanyikan lagu ini. Segera setelah itu, pada saat chorus, saya mengajak anak itu kembali ke tempatnya, dan saya berjalan lagi ke tengah-tengah anak-anak untuk mencari anak lain lagi yang akan dikalungkan selendang itu.

KING OF MAJESTY

 

1= D-E-F

Verse 1

You know that I love You

You know that I want to

know You so much more

More than I have before

Verse 2

This words are from my heart

This words are not made up

I will life for You

I am devoted to You

Pre Chorus

King of Majesty

I have one desire

Just to be with You my Lord

Just to be with You my Lord

Chorus

Jesus You are the Savior of my soul

And forever and ever i’ll give my preises to You

Jesus You are the Savior of my soul

And forever and ever i’ll give my preises to You

Variasi; mengajak anak anak melompat bersama

Keterangan; melompat di sini tidak sekedar mencontohkan pada saat lagu berlangsung, melainkan telah diberitahukan dari awal, nanti kalau kak Grace melompat, kita akan melompat bersama, siapa ya yang bisa melompat paling tinggi…???  Bahkan sebelum sampai pada bagian lagu yang melompat ( bagian chorus) saya sudah sengaja merunduk untuk memperlihatkan ke anak-anak bahwa ini saat persiapan untuk melompat lho..

 

 

 lagu berikutnya dapat diunduh di sini:

AKU ANAK RAJA

1=F

Betapa ku bersyukur

Kepada-Mu Tuhanku

Karena kejadianku dahsyat dan ajaib

Dosaku diampuni

Hidupku dipulihkan

Aku jadi anakMu dalam Kuasa dan Kemuliaan

 

Aku anak Raja

Hidupku berharga

Aku mau setia

Agar bersamaMu selamanya

Variasi; menyanyikan berulang-ulang lagu baru ini

keterangan; karena ini lagu baru, saya tidak merencanakan variasi apa pun selain pengulangan demi pengulangan agar anak -anak dapat kuasai lagu baru apik ini.

 

lagu berikutnya ; HANYA SAYA AMBIL CHORUS/ REFFNYA SAJA bisa dilihat di tayangan ini:

YESUS RAJA YANG BERBEDA

6= Dm

Yesus Raja yang berbeda

Sangat berkuasa namun penuh cinta

Yesus Raja yang berbeda

Semuanya Dia miliki tapi murah hati

Yesus Raja yang berbeda

Bukan hanya berjanji tapi rela mati

Yesus Raja yang berbeda

Aku makin jatuh cinta padaNya.

Variasi : menyanyikan berulang –ulang lagu baru ini, kemudian bersahut-sahutan

Keterangan; ternyata dalam pelaksanaannya lagu minor ini cukup asing untuk langsung anak-anak ikut menyanyikannya, jadi variasi yang tadinya saya rencanakan bersahut-sahutan saya batalkan. Saya lebih ke pengulangan saja sampai anak-anak meresapi arti kata-kata lagu ini.

 

LAGU PERSEMBAHAN

AKU ANAK RAJA

( 1=F)
Aku anak Raja, engkau anak Raja, kita semua anak Raja ( 2X)

Haleluya puji Tuhan ( 3X) Haleluya

Variasi; Secara spontan, saya mendapat ide untuk memberitahukan anak-anak , siapa yang mendapat sodoran mikrophone dari saya , mereka yang bertugas menyanyi.

Terkadang saya sodorkan mike ke saya sendiri, atau ke jemaat semua, atau ke jemaat secara blog 1, blog 3, blog 2 dan blog 4, ternyata anak-anak secara tertib mengikuti semua instruksi kita.

Leave a Comment

Leave a Reply

